Letjen Purnawirawan Lodewijk Paulus Telah Menjadi Sekjen Baru Golkar

Letjen Purnawirawan Lodewijk Paulus Telah Menjadi Sekjen Baru Golkar

Partai Golkar akhirnya menunjuk Letnan Jenderal Purnawirawan Lodewijk Freidrich Paulus dalam jabatan sebagai Sekretaris Jenderal Partai Golkar. Lodewijk Freidrich Paulus menggantikan posisi Idrus Marham yang sekarang ini telah menjabat sebagai Menteri Sosial di Kabinet Kerja.

Yorrys telah menjelaskan, bahwa Lodewijk sudah hampir dalam waktu dua tahun bersama Partai Golkar. Jadi telah bisa mulai beradaptasi serta bisa memahami anatomi politik. Sedangkan untuk Happy Bone secara emosional dekat dengan Airlangga. Dengan begitu, Lodewijk telah menggantikan Idrus Marham, yang sekarang ini sudah menjabat sebagai Menteri Sosial.

Yorrys juga mengungkapkan bahwa Happy sama Airlangga memang sudah begitu dekat, sekarang staf khusus. Namun dua-duanya menurutnya bagus dan juga sudah berpotensi.

Meskipun demikian, dia mengaku telah mengatakan pada Airlangga jika Partai Golkar ini harus siap mengisi kepengurusan dengan kader-kadernya yang muda. Hal ini sebaiknya dilakukan sebab Partai Golkar harus bekerja dengan cepat.

Selama kurun waktu 34 tahun berkarier di TNI Angkatan Darat. Jebolan dari Akademi Militer pada 1981 ini terakhir kali juga menjabat sebagai Letnan Jenderal. Lodewijk telah mengawali kariernya pada lingkungan korps baret merah menjadi Danton Kopassandha sampai pada jabatan Dansat 81 Kopassus sampai dengan 2001.

Karier pria yang lahir di Manado, pada tanggal 27 Juli tahun 1957, ini menjadi semakin melejit usai menggantikan Jenderal (Purn) Pramono Edhie Wibowo menjadi Danjen Kopassus pada tahun 2009 hingga sampai 2011. Dan Jabatan itu juga diemban Lodewijk dari bulan Juni 2013 sampai dengan bulan Juli 2015, sebelum pada akhirnya ia memutuskan untuk pensiun.

Sesudah pensiun, Lodewijk sudah mulai mengambil peran pada dunia politik serta menempati posisi strategis pada Partai Golkar menjadi Ketua Koordinator Bidang Kajian Strategis dan juga SDM pada tahun 2016.

Sudah lamanya bersama Partai Golkar tersebut pada akhirnya menjadikan Lodewijk menjadi satu dari beberapa politikus Golkar yang akan mengisi bagian pos Sekjen. Namanya juga bersaing dengan Happy Bone Zulkarnain dan juga Ibnu Munzir. Yang pada akhirnya ditetapkan Airlangga Hartarto menjadi Sekjen dari partai Golkar.
Sumber artikel :

  • https://news.detik.com/berita/3826419/eks-danjen-kopassus-lodewijk-paulus-jadi-sekjen-golkar
  • http://www.tribunnews.com/nasional/2018/01/22/sekjen-golkar-kini-dijabat-letjen-purn-tni-lodewijk-paulus-siapa-dia