Media

Press Release

 
Pagelaran Wayang Kulit Suara Golkar
22. Maret 2010 - 14:46

Bangsa yang besar adalah bangsa yang mampu meneruskan, menjaga, melestarikan budaya nasional seperti wayang kulit sebagai seni budaya bangsa Indonesia.

Partai Golkar dalam mengembangkan amanat Munas “Suara Golkar Suara Rakyat” dengan paradigm baru berisi Visi, Misi, dan Platform politik dalam doktrin karya dan kekaryaan senantiasa mengedepankan kepentingan aspirasi rakyat dan keutuhan bangsa dan Negara Republik Indonesia.

Wujud kepedulian dan karya Partai Golkar adalah Pegelaran wayang kulit semalam suntuk oleh Bidang Seni, Budaya, dan Pariwisata DPP Partai Golkar 2009 – 2015. Program karya dan kekaryaan partai Golkar salah satu bagian “Catur Sukses” di bidang Seni, Budaya, dan Pariwisata adalah Pagelaran Wayang Kulit sebagai asset budaya bangsa Indonesia yang semakin ditinggalkan, sebagai akibat pergeseran arus Globalisasi.

Pagelaran Wayang Kulit adalah wujud dari komitmen Partai Golkar untuk tidak sekedar berorientasi pada kegiatan politik semata, tetapi bagaimana Partai Golkar terlibat langsung memahami apa yang menjadi keinginan masyarakat Indonesia khususnya yang mencintai wayang, dan kepentingan Partai Golkar untuk melindungi dan mengembangkan seni budaya tradisional yang telah menjadi seni budaya nasional, agar tidak diklaim oleh pihak lain bahwa wayang kulit adalah budaya mereka, seperti polemic yang pernah menimpa lagu dan tarian milik asset bangsa Indonesia yang coba di klaim oleh Negara lain.
Partai Golkar memahami cerminan kebhinekaan dan keragaman seni budaya, agama, adat istiadat, dan etnis, dan sebagainya adalah kekayaan atau asset bangsa yang harus dilestarikan, dipelihara dan diwariskan bagi generasi penerus bangsa Indonesia, sebagaimana yang menghargai keragaman sebagai wadah partai politik.

Dan di bawah kepemimpinan Ketua Umum Partai Golkar bapak Aburizal Bakrie dalam ide dan gagasan yang sangat brilian untuk membudayakan wayang kulit sebagai asset seni budaya bangsa Indonesia telah diwujudkan salah satunya adalah “Pagelaran Wayang Kulit semalam suntuk yang hari ini dilaksanakan.

Prosesi kegiatan pagelaran wayang kulit dalam rangka kegiatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang telah dirayakan dalam rangkaian kegiatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang telah dirayakan oleh DPP Partai Golkar dimulai pukul 20:00 WIB sampai selesai.

Wayang adalah seni budaya yang bermakna menyampaikan pesan –pesan yang menjadi keinginan rakyat. Ibarat kata “Pagelaran wayang kulit adalah Suara Golkar, yang disampaikan melalui gerak atas tuntunan Dalang.

Cerita utama yang dilakonkan adalah Wiroto parwo, merupakan pilihan cerita yang nantinya bermakna kesuksesan partai Golkar 2014 dan kesuksesan kesejahteraan dan pembangunan bangsa dan Negara Republik Indonesia tercinta, dengan menjadikan Partai Golkar sebagai dalang, bila kepemimpinan ini telah direbut kembali oleh Partai Golkar pada pemilu 2014.

Target yang ingin dicapai adalah mewujudkan cita-cita rakyat pecinta wayang kulit untuk senantiasa dapat menikmati apa yang menjadi rasa cinta terhadap seni dan budaya Pewayangan.

Dengan demikian, pagelaran wayang kulit adalah suara Golkar dan pelestarian dan pengembangan Wayang Kulit adalah perjuangan partai Golkar dalam komitmen untuk melestarikan wayang kulit sebagai asset seni budaya bangsa Indonesia. Selamat menyaksikan, semoga member makna dan manfaat bagi kepentingan rakyat Indonesia.

Jakarta, 19 Maret 2010

Panitia Pelaksana