Partai Golkar membangun Gedung Panca Bakti di Kantor DPP Partai Golkar. Petugas umum Partai Golkar Robert Joppy Kardinal mengatakan partainya menghabiskan anggaran Rp 10 miliar untuk membangun gedung baru tersebut.

“Miliar lah masak bikin demikian itu nggak miliaran tinggal dihitung saja. Puluhan miliar ya, Rp 10 miliar,” kata Robert kepada wartawan di Kantor DPP Golkar, Jalan Anggrek Neli Murni, Jakarta, Pekan (12/11/2017).

Menurut Robert, pembangunan gedung hal yang demikian berasal sumbangan pada kader Golkar. Apalagi Golkar telah membatasi donasi untuk para kader.

“Dari kas kader simpatisan, kan ada ada. Kader Golkar hebat-hebat, DPD I ada yang ngasih lebih. Hanya sumbangan sesuai aturan partai enggak boleh berlebihan,” kata Robert.

Baca juga: Saya Tidak Kalah Tapi Dikalahkan Keterangan Babel BPJ dalam Musdalub Golkar

Gedung baru ini, berdasarkan Robert, ada lima lantai dan sedianya akan dipakai untuk para organisasi sayap Golkar. Rencananya, pembangunan gedung baru ini selesai sekitar 6 bulan, tapi rupanya molor hingga lebih dari 1 tahun.

“Sebab anggaranya enggak ada kan perlahan-perlahan, ini rencananya tadi 6 bulan. Namun ini telah 1 tahun lebih, ini kan menurut sumbangan kita bangun,” ujar Robert.

Berdasarkan catatan yang diterima detikcom, pembangunan Gedung Panca Bakti ini dimulai ketika ground breaking pada 20 Oktober 2016. Paket pekerjaan struktur selesai pada hari ini 12 November 2017 yang ditandai dengan acara topping off proyek. Kaca Film Gedung

Gedung seluas 14.000 meter persegi ini dibangun di atas tanah kompleks DPP Golkar seluas 21.606 meter persegi. Gedung ini terdiri dari basemen dan 5 lantai.

Basemen diaplikasikan untuk parkir, kantin, dan ruang pengelola. Lantai dasar untuk lobby penerima tetamu, galeri dan pameran sementara lantai mezanin untuk ruang jamuan, ruang rapat, dan perpustakaan.

Sementara itu, lantai 2 akan dimanfaatkan untuk ruang bagi organisasi sayap golkar. Lantai 3 merupakan untuk dewan pembina, dewan spesialis, dewan penasehat sementara lantai 4 untuk ruang bagi pengurus pleno DPP dan lantai 5 untuk ruang bagi pengurus inti DPP.

 

Sumber: