JAKARTA. 52 Tahun yang lalu, Partai Golkar berdiri. Dan tepat hari ini Partai berlambang pohon beringin ini memperingati hari ulang tahunnya. Peringatan HUT Golkar ditandai dengan berbagai kegiatan. Puncaknya yaitu melakukan upacara tabur bunga kepada para pahlawan oleh seluruh pejabat Golkar di Taman Makam Pahlawan Kalibata.

Upacara serta ziarah ke Taman Makam Pahlawan mempunyai makna sangat penting bagi Golkar.  Hal itu disampaikan oleh Setya Novanto selaku Ketua Umum Partai Golkar pada acara HUT ke-52 Golkar.

“Ini mempunyai makna ulang tahun Golkar. Kita selalu mengenang para arwah pahlawan kita, kita biar selalu ingat perjuangan serta jasa-jasa para pahlawan kita,” ungkap Setya Novanto di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, saat upacara tabur bunga, Kamis (20/10/2016).

Di usia ke-52 ini, Setya Novanto sangat berharap Partai Golkar dapat selalu menjadi bagian penting dalam mengawal serta berpartisipasi dalam pembangunan dan kemajuan bangsa.

Ketua Umum Golkar ini pun menambahkan, dengan berbekal semangat juang yang diwariskan oleh para pahlawan, bukan mustahil Indonesia akan menjadi salah satu bangsa maju di dunia.

Dia berharap dan memohon doa restu supaya dapat terus melanjutkan perjuangan yang telah dilakukan oleh para pahlawan untuk menjadikan bangsa yang besar serta Golkar tumbuh terus menjadi partai yang besar.

Ungkapan juga disampaikan oleh Akbar Tanjung.  Upacara serta ziarah ke Taman Makan Pahlawan dalam rangkaian HUT Golkar merupakan tradisi turun temurun yang dilakukan oleh setiap pengurus.  .

“Sudah jadi tradisi kami dengan berziarah ke makam pahlawan. Di mana kedatangan kader-kader Golkar dalam memperingati ulang tahun, memperlihatkan kepada publik yakni partai yang commited,” ujar Wakil Ketua Dewan Kehormatan Partai Golkar tersebut.

Mantan Ketua DPR ini juga menambahkan bahwa partai Golkar ingin menyerap hikmah dan semangat juang dari para pahlawan untuk kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Sekaligus tentu saja semangat atau spirit yang ditanamkan oleh para pahlawan akan diteruskan oleh Partai Golkar agar Indonesia menjadi bangsa yang adil dan makmur,” tegas Akbar Tanjung.

Santunan Kepada 1964 Anak Yatim

Selepas dari TMP Kalibata, rombongan pengurus Partai Golkar dan kader bergegas menuju kantor DPP Partai Golkar di Jalan Anggrek Nelli Murni, Jakarta Barat pada hari yang sama.

Di kantornya tersebut DPP Partai Golkar memberikan bantuan santunan kepada sebanyak 1964 anak yatim.

Acara santunan ini memang termasuk dalam rangkaian kegiatan peringatan ulang tahun partai pohon beringin.  Hal ini ditegaskan oleh Zainudin Amali selaku Ketua Organizing Comitee HUT Partai Golkar Ke-52.

“Partai Golkar sudah berumur 52 tahun. Banyak rangkaian acara yang dilaksanakan oleh seluruh kader Partai Golkar untuk memperingati ulang tahun, salah satunya pada hari ini DPP Partai Golkar memberikan santunan ke 1964 anak yatim,” ungkap Amali dalam isi sambutannya di acara pemberian santuan tersebut.

Zainudin Amali menambahkan bahwa hari jadi Partai Golkar kali ini harus menjadi momentum untuk kebangkitan Partai Golkar dibawah pimpininan Setya Novanto.

“Oleh karena itu sekarang tantangan saat ini berat sekali, pasti Ketua Umum Setya Novanto telah mencanangkan untuk kebangkitan Partai Golkar,” tambah Amali.

Lanjut Amali, yang juga merupakan seorang Anggota Komisi I DPR RI dari Partai Golkar ini. Tema kali ini sangat tepat yakni Partai Golkar Bangkit, Golkar Jaya. “Tema yang di canangkan DPP partai Golkar sangat tepat, untuk kebangkitan Partai Golkar.”

Ketua Umum Golkar, Setya Novanto mengatakan diacara pemberian santuan Yatim HUT Golkar itu, ulang tahun Partai Golkar kali ini mempuyai makna tersendiri bagi pribadinya.

“Ulang tahun ini mempuyai makna tersendiri untuk saya, karena pertama kali setelah menjadi Ketua Umum Golkar,” ujarnya di kantor DPP Golkar.

Menurut Novanto, anak yatim piatu wajib untuk disantuni. Karenanya, dia juga meminta kepada pemerintah untuk dapat lebih memberikan perhatian kepada para anak yatim.

HUT Golkar Ke-52 juga ditandai dengan peluncuran Rumah Pangan Partai Golkar (RPG).  Lalu peletakan batu pertama pembangunan gedung Panca Bakti Partai Golkar serta acara saresehan bersama para Dewan Pembina, Dewan Pakar, dan Dewan Kehormatan Partai Golkar.

Tidak ketinggalan juga dilakukan acara tasyakuran lewat pemotongan 52 tumpeng di kantor DPDP Partai Golkar.